Lembaga Zakat Berlomba-lomba Hadir saat Ramadhan

Sumber :
  • Dompet Dhuafa
VIVA.co.id
Garap Potensi Bisnis, Dompet Dhuafa Bentuk 6 Unit Bisnis
- Sepanjang bulan Ramadhan, saya melihat banyak lembaga zakat bemunculan. Pemandangan ini terlihat pada spanduk yang beredar di sepanjang jalan di Jakarta. Spanduk yang terpampang di jalan mengingatkan kita akan harta yang kita miliki agar dikeluarkan zakatnya. Himbauan ini tak lepas dari momentum bulan suci Ramadhan. Pada bulan Ramadhan sendiri dianjurkan agar kita berbuat baik sebanyak-banyaknya.

Marbot Masjid, Tugas Suci dan Kitab Suci
Saya memaklumi tindakan mereka apalagi berbuat baik di bulan suci ini akan mendapatkan pahala berlipat-lipat. Tentu saja, anjuran lembaga zakat untuk mengeluarkan infaknya menjadi sangat relevan karena mengeluarkan harta yang kita miliki adalah bagian perbuatan baik.

Keliling Rumah Orang Meninggal di Malam Ramadhan
Sebetulnya lembaga zakat ini sudah lama berdiri, tapi menjelang Ramadhan mereka "hadir" dengan publikasi yang kencang. Lihat saja berbagai lembaga zakat yang terlihat berlomba-lomba mengajak umat untuk berbuat baik, misalnya ajakan dari Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU), Rumah Zakat, Badan Amil Zakat Nasioanal (Baznas), Pusat Zakat Umat (PZU) Persatuan Islam, Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah (Lazis) Muhammadiyah, Lembaga Amil Zakat Infak dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZINU), Rumah Yatim, dan Dompet Dhuafa 

Saya sendiri melihat publikasi ajakan zakat di kawasan Kebon Jeruk (Jakarta Barat) dan tol TMII menuju Cibubur, minggu ini. Sebetulnya, ajakan lembaga zakat yang terlihat tidak semata di jalanan dalam bentuk spanduk, tapi juga ada yang sudah beriklan di media, bahkan ada juga proposal yang sudah sampai langsung ke salah satu  teman saya.

Saya menyambut baik atas semangat saudara-saudara kita yang mengajak kebenaran dan kebaikkan ini. Semoga berhasil dan bermanfaat untuk umat. Selamat berkerja dan berzakat.

(Anhar Saefudin, Depok)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya