Objek Wisata Air Terjun Sipiso-piso Kotor

Air Terjun Sipiso-sipiso Kotor
Sumber :
  • u-report
VIVAnews -
Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or
 Selain Danau Toba, objek wisata lain yang cukup terkenal di Sumatera Utara adalah Air Terjun Sipiso-piso. Air Terjun Sipiso-piso memang sangat terkenal sebagai objek wisata di Sumatera Utara. Berada di Kabupaten Karo, air terjun ini memiliki ketinggian 120 meter dan terlihat cantik dari kejauhan.

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?
Air terjun ini berada di ketinggian lebih kurang 800 meter dari permukaan laut (dpl) dan dikelilingi oleh bukit yang hijau karena ditumbuhi hutan pinus. Pengelolaan wisata alam air terjun ini dikelola oleh Pemda Kabupaten Karo. Untuk memasuki wisata air terjun ini, semua pengunjung harus membayar retribusi sekitar Rp5.000.

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi
Pemandangan Danau Toba menjadi pelengkap keindahan air terjun ini. Pihak Dinas Pariwisata setempat menyediakan sebuah taman lengkap dengan tempat beristirahat di area parkir kendaraan.

Saya berkesempatan untuk mengunjungi Air Terjun Sipiso-piso saat libur tahun baru. Namun, saya kecewa karena lokasi itu kotor dengan sampah di mana-mana. Pemandangannya terkesan semrawut dan tidak ada keseriusan Pemda Kabupaten Karo untuk mengelola wisata tersebut untuk mendongkrak pendapatan asli daerah.

Bahkan Gedung Restoran yang diresmikan oleh Bapak Bustanil Arifin (Menteri Koperasi dan UKM Kabinet Pembangunan V (1988-1993) pada tahun 1990 hingga saat ini tidak dipergunakan malah dinding gedung ini dipenuhi dengan coretan-coretan.

Air Terjun Sipiso-Piso termasuk salah satu Warisan Bumi Kawasan Geopark Kaldera Toba. Sungguh sangat disayangkan, bila lokasi wisata berpotensi dibiarkan seperti ini. Kalau begini, lama-lama pengunjung enggan ke sini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya