Tentang Pemilu 2009 (1)

VIVAnews - Suka tidak suka pemilu merupakan pra syarat proses demokrasi. Kekuatan lama plus militer terlihat jelas masih mendominasi proses ini. Sementara ada pihak lain juga sudah tidak peduli dengan pelaksanaan pemilu itu sendiri, apalagi bila diperbadingkan dengan hasil yang akan diperoleh nanti serta besarnya biaya yang dikeluarkan.
 
Saya tidak dapat memberikan satu pendapat yang tepat karena akan tergantung pada sikap politik masing-masing pihak, misalnya boikot pemilu, masuk ke partai menjadi calegnya atau bahkan mencoba mendirikan partai sendiri. Pilihan tersebut tentunya punya argumentasi yang kuat di masing-masing pihak, tidak lantas cuma merupakan pilihan kosong saja atau "asal ngeyel".
 
Satu-satunya ganjalan yang saya lihat di depan adalah adanya kemungkinan berkuasanya kembali aktor-aktor yang dulu pernah menjadi musuh bersama dan anti rakyat serta militeristik. Nah, sekarang kita lihat lagi ketiga pilihan itu, mana yang paling tepat. Tentunya kembali ke pribadi masing-masing agar dapat menentukan pilihannya.

Kementan Lepas Ekspor Komoditas Perkebunan ke Pasar Asia dan Eropa

Logo Media Bersama

Anies dan Cak Imin saat silaturahmi  hari raya lebaran tahun 2024

Cak Imin Posting Foto Bareng Dasco Gerindra, Apa Artinya?

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengunggah foto bersama Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024