70 Peserta Beasiswa RI dari 45 Negara Belajar Budaya Indonesia

Program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) tahun 2014
Sumber :
  • Dokumentasi Kementerian Luar Negeri RI / Direktorat Diplomasi Publik

VIVAnews - Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Luar Negeri RI, kembali memberikan beasiswa kepada kaum muda mancanegara untuk belajar seni dan budaya di Indonesia selama beberapa bulan.

Tahun ini, program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia itu diikuti 70 muda-mudi dari 45 negara. "Mereka adalah friends of Indonesia yang akan turut mempromosikan Indonesia di negaranya masing-masing,” kata Duta Besar Ibnu Said selaku Plt. Sekretaris Jenderal Kemlu RI pada pembukaan Program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) tahun 2014 di Gedung Pancasila, Rabu, 12 Maret 2014 yang dihadiri sejumlah Duta Besar dan tamu undangan lainnya.

Said juga para peserta BSBI dapat memanfaatkan waktunya selama di Indonesia untuk mempelajari seni dan budaya yang beraneka ragam sebaik mungkin, sehingga akan lebih mengenal Indonesia yang berbeda-beda tetapi tetap satu, sesuai tema BSBI tahun ini yakni “Unity in Diversity; One Love for the World”. 

Pada pembukaan tersebut Direktur Diplomasi Publik Kemlu RI, Al Busya Basnur, melaporkan bahwa sejak dimulainya BSBI tahun 2003, telah dihasilkan 518 alumni yang tersebar di 55 negara. Para alumni tersebut sampai sekarang turut mempromosikan Indonesia melalui berbagai kegiatan seni budaya di negaranya. Disampaikan juga bahwa BSBI tahun 2014 diikuti 3 negara baru yakni Mongolia, Irlandia dan Uzbekistan.

Program BSBI terdiri dari BSBI Reguler dan BSBI Kekhususan yang mempelajari tari dan musik tradisional, bahasa Indonesia, kearifan lokal dan keberagaman seni budaya melalui berbagai kegiatan. 

Pada tahun 2014, BSBI Program Reguler diikuti 60 peserta diadakan di Bandung, Solo, Surabaya, Denpasar dan Makassar. Sedang BSBI Kekhususan dengan tema “Indonesian Studies for Future Indonesianist” diikuti oleh 10 peserta dari 10 negara diselenggarakan di Jurusan Hubungan Internasional UPN Veteran Yogyakarta.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) tahun 2014

Beberapa peserta merupakan pemuda keturunan Indonesia seperti Jilly Knoll dari Belanda, dan Djosiannie Somowijoyo dari Suriname. Sementara beberapa peserta sudah dapat berbahasa Indonesia seperti Sanjay dari India, Daniel Krausse dari Jerman, dan Narmin hasanova dari Azerbaijan.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Direktur Diplomasi Publik Kemlu RI Al Busya Basnur

Direktur Diplomasi Publik Kemlu RI, Al Busya Basnur

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Terdapat 5 pemuda Indonesia yang terpilih mengikuti BSBI Program Reguler tahun 2014 yaitu  Nurlaily Fitri (Riau), Baliya Alqadri (Kalimantan Barat), Grandy Oley (Sulawesi Utara), Eka Febrina (Sulawesi Tengah) dan Alberto Revideso (Papua Barat).

Pada akhir kegiatan para peserta BSBI akan ditampilkan dalam pagelaran budaya bertajuk Indonesia Channel 2014 di Yogyakarta pada tanggal 19 Juni 2014. Mereka akan menampilkan tari dan musik yang mereka pelajari selama di Indonesia.

Sidang Lanjutan sengketa perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Kubu 01 dan 03 meminta izin ke MK agar bisa menghadirkan sejumlah menteri dalam persidangan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024