"Ngabuburit" dengan Berziarah ke Astana Oetara

Siluet Gerbang Astana Oetara Surakarta
Sumber :
  • U-Report

VIVAnews - Ada yang berbeda dari pemandangan Ngarsopuro pada waktu ngabuburit. Saat itu para peserta "Blusukan Solo" sedang berkumpul untuk memulai perjalanan dengan menggunakan sepeda. Dengan tema "Cerita dari Oetara: Merangkai Roda Cerita di Utara Surakarta", peserta melewati berbagai tempat yang saling berkaitan seperti Kebalen, Kepatihan, dan Kandang Sapi.

Respons Polisi soal Pengakuan Mengejutkan Sopir Truk Pemicu Kecelakaan Beruntun di GT Halim

Setelah mengayuh sepeda selama sekitar 1,5 jam, peserta "Blusukan Solo" tiba di Astana Oetara yang terdapat makam Mangkunegara VI. Astana Oetara terletak di Nusukan, tepatnya di sebelah utara Terminal Tirtonadi. Usai mendapat penjelasan dari abdi dalem, peserta dibebaskan untuk melakukan ziarah, berdialog dengan abdi dalem, dan berfoto-foto.

Setelah mengunjungi makam, peserta berkumpul di Pendopo Astana Oetara. Di sini peserta dipersilahkan berbuka puasa dengan menu favorit Mangkunegoro VI, yaitu garangasem dan ledre. Ledre adalah makanan khas yang terbuat dari ketan dan diberi potongan pisang. Di pendopo terdapat lemari kayu jati yang berisi surat-surat pada zaman Mangkunegaran yang menggunakan bahasa Belanda dan beraksara Jawa.

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari
Serangan Israel di RS Al-Shifa (Doc: Anadolu Ajansi)

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Pasukan Israel telah membunuh lebih dari 200 warga Palestina dalam serangan yang sedang berlangsung di Rumah Sakit Al-Shifa di Kota Gaza.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024