Tradisi Tungkalan di Kalimantan Barat

Tradisi tungkalan
Sumber :

VIVAnews - Ramadan merupakan bulan penuh berkah yang selalu disambut dengan gembira oleh seluruh umat muslim. Di Dusun Manggu, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat, warga menyambut Ramadan dengan melakukan tradisi Tungkalan. Tradisi ini dilakukan untuk meminta keselamatan selama Ramadan.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

Sejak sore hari tradisi ini sudah dimulai warga dengan melumuri campuran tepung beras, kunyit, dan rempah-rempah lainnya ke seluruh badan. Setelah itu, badan yang sudah dilumuri tersebut ditempel daun juang-juang.

Pada malam hari setelah salat tarawih, seluruh warga berkeliling kampung dengan membawa obor diiringi suara tabuhan beduk. Usai berkeliling kampung, warga kembali ke masjid untuk berkumpul dan makan bersama kue kap dan kue tumpor atau kue lemak yang terbuat dari kelapa, beras ketan, dan telur.

Suasana kekeluargaan tercipta pada tradisi ini sehingga harus dipertahankan untuk meningkatkan tali silaturahmi antar warga. Tak hanya tradisi Tungkalan, tetapi semua tradisi unik yang menjadi ciri khas suatu daerah dalam menyambut Ramadan yang beraneka ragam kita patut menjaga kelestariannya.

Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan
Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024