Tradisi Megengan, Penentu Awal Puasa

pembagian ayam
Sumber :
  • U-Report

VIVAnews - Setelah shalat subuh satu hari sebelum bulan puasa, warga desa Kalipancur, Jawa Tengah bergegas menuju ke makam untuk ziarah kubur. Di desa Kalipancur yang biasa melakukan ziarah kubur adalah para laki-laki atau bapak-bapak, sedangkan ibu-ibu sibuk di dapur untuk menyiapkan makanan seperti nasi, tongseng mie, dan ayam goreng untuk dimasukkan ke dalam bakul (kalau orang Jawa bilang cething).

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati

Makanan yang disiapkan tidak hanya untuk dimakan keluarga sendiri, melainkan juga untuk dibagi ke tetangga dekat dan sebaliknya tetangga dekat juga memberi

Kesibukan terus berlangsung, suasana desa semakin ramai dengan orang yang berlalu-lalang membawa bakul untuk diberikan ke tetangga atau saudara masing-masing. Jika suara kentongan balai desa yang cukup besar sudah dibunyikan, itu menandakan acara megengan akan segera dimulai. Tanpa adanya pengeras suara pada jam tiga sore para kaum laki-laki beramai-ramai menuju ke balai desa dengan membawa bakul yang berisi makanan.

Indonesia Bakal Jadi Basis Produksi Mobil Listrik Canggih

Di balai desa sebagian besar warga desa kami berkumpul untuk melakukan acara megengan atau selamatan sebelum puasa. Dari anak-anak sampai orang tua berkumpul di balai desa. Acara dimulai dengan adanya pengumpulan ayam yang sudah dimasak oleh beberapa orang tua untuk dijadikan satu. Setelah dijadikan satu ayam tersebut dibagi dua atau tiga bagian yang nantinya dibagi kembali. Tujuan ayam tersebut dibagi beberapa bagian adalah untuk subsidi silang karena beberapa orang yang dianggap mampu atau kaya tidak membawa makanan dalam bakul ke balai desa.

Di luar balai desa ramai dengan aktivitas orang-orang yang memotong bagian ayam, sedangkan di dalam ruang balai desa orang-orang berkumpul untuk tahlilan yang dipimpin oleh tokoh agama di desa kami. Tahlilan selesai dan dilanjutkan dengan pengarahan dari kepala desa agar menjaga keamanan dan ketertiban desa selama bulan puasa.

Rekam Jejak Luar Biasa Raja Aibon Kogila 821 Hari Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Sebelum adanya perbedaan pendapat penentuan awal bulan puasa seperti saat ini, dahulu acara megengan ini sebagai patokan bahwa besok sudah berpuasa dan malamnya sudah melaksanakan tarawih. Sedangkan saat ini walaupun sudah mengadakan acara mengengan, para perangkat desa dan tokoh masyarakat harus melihat pengumuman di televisi dan mengikuti kapan awal puasa.

Di desa Kalipancur, tradisi yang hampir sama konsepnya juga dilaksanakan pada saat menentukan hari raya Idul Fitri, tradisi tersebut dinamakan mudunan.

Presiden Joko Widodo dan Yanda Zaihifni Ishak jadi saksi pernikahan

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Presiden Joko Widodo bersama Yanda Zaihifni Ishak menghadiri acara pernikahan putri dari Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024