PSM UI Paragita Bawa Misi Budaya ke Hungaria

PSM UI Paragita di Spittal an der Drau, Carinthia, Austria
Sumber :
  • Sakya A Wiradisuria

VIVAnews - Kelompok Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Indonesia Paragita berhasil lolos audisi pada ajang Festival Folklore dan Kompetisi Paduan Suara Internasional Bela Bartok ke-25. Kompetisi ini akan dilangsungkan di Hungaria pada Juli 2012.

Holding BUMN InJourney Siap Sambut Mudik dan Libur Lebaran 2024

Di ajang tersebut, PSM UI Paragita akan membawakan karya-karya komponis dunia. Selain itu, PSM UI Paragita juga berkesempatan membawa misi budaya Indonesia dengan menampilkan beberapa lagu tradisional di hadapan kelompok peserta lain yang berasal dari 20 negara dari 5 benua.

"Keberhasilan Paragita ini merupakan keberhasilan bagi Indonesia," ujar Aning Katamsi, soprano Indonesia yang sekaligus merupakan konduktor PSM UI Paragita.

Siapakah Nicole Shanahan? Sosok Miliarder Dermawan Ditunjuk Sebagai Cawapres AS

Aning menambahkan, “inilah pertama kali Indonesia mengirim wakil di ajang kompetisi internasional Bela Bartok dengan level A. Artinya bahwa pemenang dari kompetisi ini secara otomatis berpartisipasi dalam European Grand Prix for Choral Singing, ajang paling bergengsi di dunia paduan suara internasional."

PSM UI Paragita sudah seringkali terlibat pada berbagai festival dan kompetisi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Pada ajang “Netherlands International Choir Festival, Arnhem” pada tahun 1995, untuk pertama kalinya PSM UI Paragita meraih penghargaan internasional.

Dekat dengan Banyak Wanita, Billy Syahputra Gerah Sering Dijodohkan

Tidak hanya itu, PSM UI Paragita juga meraih juara pertama untuk kategori folksong pada “Internationaler Chorwettbewerb 1996” di Miltenberg, Jerman. Prestasi lainnya adalah juara 1 untuk kategori klasik dan juara 3 untuk kategori folksong pada “46th Internationaler Chorwettbewerb 2009” di Spittal an der Drau, Carinthia, Austria.

Selain aktif mengikuti berbagai kompetisi, PSM UI Paragita juga kerap berkolaborasi dengan berbagai orkestra maupun produksi pertunjukan musikal baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Beberapa kelompok orkestra dalam negeri yang pernah berkolaborasi dengan PSM UI Paragita adalah Twilite Orchestra, Erwin Gutawa Orchestra, Nusantara Symphony Orchestra dan sebagainya.

Sedangkan dari luar negeri, paduan suara ini juga pernah berkolaborasi dengan paduan suara dari Universitas Oxford Schola Cantorum, Inggris dan Wina Symphony Orchestra dari Austria.

PSM UI Paragita juga turut terlibat pada produksi pertunjukan opera “Tan Malaka” karya Toni Prabowo dan Goenawan Mohamad yang dipentaskan di Salihara pada tahun 2010 dan Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki di tahun 2011.

"Dengan banyaknya penghargaan dan kegiatan PSM UI Paragita di berbagai ajang, menunjukkan kepada dunia internasional bahwa levelisasi kelompok paduan suara Indonesia sejajar dengan negara-negara lainnya” kata Aning Katamsi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya