Mahasiswa Indonesia di Kancah ASEANPreneurs

Mahasiswa Indonesia di ASEANpreneurs Youth Leaders Exchange (AYLE)
Sumber :

VIVAnews - Sebanyak 16 mahasiswa Indonesia dari UI, ITB, Unibraw, Unair, UPH, dan Universitas Bakrie, terpilih untuk menghadiri pertemuan para pengusaha muda se-Asia Tenggara yaitu ASEANpreneurs Youth Leaders Exchange (AYLE), yang dilaksanakan pada 14 hingga 19 Februari 2012 di Singapura.

Harga Emas Hari Ini 18 Mei 2024: Emas Antam Naik Jadi Rp 1.350.000 Per Gram

AYLE merupakan ajang bergengsi untuk mempertemukan para pemuda se-Asia Tenggara untuk saling mendapatkan pengetahuan lebih mengenai dunia bisnis dan usaha dari para pengusaha tingkat dunia. Selain itu, forum tersebut untuk saling berbagi pengalaman menjalankan usaha di negara masing-masing.

AYLE sendiri adalah sebuah rangkaian acara yang diadakan oleh NUS Entrepreneurs Society (NES) sejak 2009. Dalam rangkaian acaranya, NES juga mengadakan sebuah kompetisi ide bisnis, yaitu ASEANpreneurs Idea Canvas yang berhadiah hingga 3.000 dolar Singapura.

Sambut World Water Forum Ke-10 di Bali, Warga Gelar Upacara Segara Kerthi

Indonesia pun, lagi-lagi menorehkan prestasinya dengan menjadi pemenang kedua dengan ide bisnis Wind Turbin oleh  Dian Prayogi Susanto (ITB), Noura Maulida D (ITB), dan Meta Rahmita (ITB).

Adapun delegasi Indonesia untuk AYLE 2012 adalah Refaldo Fanther (UI), Indah Gilang Pusparani (UI), Wulan Apriliani (UI), Melia Halim (UI), Sisca Ellyanto (UI), Amelia Djamil (UI), William Lautama (ITB), Muhammad Hazki Hariowibowo (ITB), dan William Maha Putra (ITB).

Ada Misteri Tak Terpecahkan di Markas Badan Intelijen

Selain itu, terdapat Andreas Hartoyo Yaputra (ITB), Meta Rahmita (ITB), Noura Maulida Dinni (ITB), Muhammad Arief Akbar (UNAIR), Rinda Devie (Unibraw), Recca Lie (UPH), dan Sharah Madhani (Universitas Bakrie).

Dengan keketatan seleksi yang luar biasa dan jumlah pendaftar mencapai 2.000 orang, Indonesia berhasil menempatkan delegasi dengan jumlah terbanyak yaitu 16 orang. Diikuti oleh Filipina dengan jumlah 13 delegasi, dan sisanya adalah delegasi dari negara Asia Tenggara yang berjumlah 70 orang serta 2 orang delegasi dari Afrika Selatan dan India.

Hal tersebut dapat terlaksana, salah satunya karena kerja keras semua pihak yang terkait yakni Country Manager, External Relation ASEANpreneurs Indonesia, dan juga Garuda Indonesia sebagai Official Flight Company untuk ASEANpreneurs Indonesia.

Pada saat pelaksanaannya, AYLE 2012 berhasil menginspirasi seluruh delegasi dari seluruh Asia Tenggara. Pembicara-pembicara yang luar biasa dan hadir di acara itu seperti Adam Khoo, seorang pengusaha sekaligus salah satu motivator terbaik Asia dan Matthias Gelber serta Chuck Norris, Social Entrepreneur dunia, Moonshi, pengusaha IT dunia, dan lainnya.

Bukan hanya workshop yang diberikan di AYLE 2012, tetapi juga presentasi mengenai dunia usaha di masing-masing negara ASEAN, city tour, brainstorming idea, Singapore’s company visit, Team Building character, dan Cultural Exchange.

AYLE 2012 merupakan ajang yang diharapkan menjadi awal persahabatan pemuda-pemuda di kawasan Asia Tenggara, dan mampu menghasilkan hubungan profesional di kemudian hari.

Acara ini juga diharapkan mampu menjadi perangsang pemuda di Indonesia untuk membangkitkan kembali gairah berwirausaha kaum muda.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya bagi kami mahasiswa yang memiliki latar belakang pendidikan non-ekonomi. Selain itu, kebersamaan dan kekeluargaan dalam ikatan ASEAN sangat terasa dalam acara ini,” ujar Andreas dan Willliam Maha Putra mahasiswa teknik mesin ITB.

“Ya, acara ini harusnya bisa menjadi agenda rutin yang memang dipersiapkan agar kaum muda lebih sadar berwirausaha dan memanfaatkan perjanjian AFTA dengan lebih bijak dan kreatif,” tutur Wulan, mahasiswi Administrasi Bisnis UI yang juga menjabat sebagai ketua ikatan mahasiswa bisnis se-Indonesia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya