File Not Found
UREPORT

Kasuami Pangan Lokal Khas Sulawesi Tenggara

Kausami harus dipadukan dengan ikan sebagai lauk utamanya.

Selasa, 27 Desember 2011, 18:51 Junjombang
Kasuami makanan khas Sulawesi Selatan
Kasuami makanan khas Sulawesi Selatan (http://rafflesia.wwf.or.id)

Vlog - Kasuami adalah penyebutan untuk makanan khas masyarakat Sulawesi Tenggara. Saya mengenal dan mengakrabi makanan ini ketika tinggal beberapa tahun di Kota Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Makanan ini berbahan baku dari singkong (ketela pohon atau ubi kayu) yang diparut, kemudian dikukus dan dibentuk seperti tumpeng atau gunungan berbentuk segitiga. Warnanya ada yang dibuat hitam agak keungu-unguan atau putih kekuning-kuningan, tergantung keinginan ketika membuatnya.

Dinamakan kasuami, menurut penuturan beberapa orang yang saya kenal yang tinggal di pemukiman nelayan suku Wajo, Wuring, Kota Maumere. Makanan yang berbahan baku dari singkong ini harus dipadukan dengan ikan sebagai lauk utamanya.

Baca selanjutnya...

• VIVAnews

© VIVA.co.id   |   Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
TENTANG U-REPORT
Semua isi materi baik berupa teks, foto dan video yang dimuat oleh U Report adalah tanggung jawab pengirim sepenuhnya. Redaksi berhak mengedit materi sepanjang tidak mengubah isi dan substansi.

Kami adalah portal berita, dan melalui kanal ini, ingin mengajak anda terlibat dalam proses penciptaan berita. Peristiwa terjadi setiap saat, dan karena itu pasti lebih banyak berita di sekitar kita dari apa yang terlihat di media, baik cetak maupun elektronik.

Anda boleh berbagi cerita yang tak biasanya kita baca atau tonton. Cerita yang kuat, menarik, penting, dan bersifat mendesak dari anda, sangat mungkin menjadi salah satu headline di VIVAnews.

Selamat berbagi cerita.