UREPORT

Orang Jawa Pertama di Amerika Selatan

Orang keturunan jawa sudah masuk ke deretan nama-nama kabinet atau pemerintahan.

Kamis, 10 November 2011, 19:47 Rendra Cyber
Peta Suriname
Peta Suriname (VIVAnews/Kedubes Suriname)

Vlog - Tahukah Anda ternyata orang Jawa sejak lama sudah menginjakan kaki di Amerika Selatan. Itu terjadi sejak 9 Agustus 1890 hingga 13 Desember 1939. Pada periode itu terdapat 32.965 orang Jawa yang di kirim ke Suriname, suatu negara koloni kecil di Amerika Selatan.

Sejarah orang Jawa menginjakan kaki ke Suriname adalah tidak lepas peran Belanda yang pada saat itu menjajah Indonesia. Para pekerja asal Jawa itu pada tahun 1890-1914 diberangkatkan dari Jawa dalam kelompok-kelompok kecil, dari daerah pemberangkatan mereka di Jakarta (Batavia) dan Semarang.

Baca selanjutnya...

 

• VIVAnews

© VIVA.co.id   |   Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
TENTANG U-REPORT
Semua isi materi baik berupa teks, foto dan video yang dimuat oleh U Report adalah tanggung jawab pengirim sepenuhnya. Redaksi berhak mengedit materi sepanjang tidak mengubah isi dan substansi.

Kami adalah portal berita, dan melalui kanal ini, ingin mengajak anda terlibat dalam proses penciptaan berita. Peristiwa terjadi setiap saat, dan karena itu pasti lebih banyak berita di sekitar kita dari apa yang terlihat di media, baik cetak maupun elektronik.

Anda boleh berbagi cerita yang tak biasanya kita baca atau tonton. Cerita yang kuat, menarik, penting, dan bersifat mendesak dari anda, sangat mungkin menjadi salah satu headline di VIVAnews.

Selamat berbagi cerita.