UREPORT

Komunitas Sepeda Lipat Gelar Kemah

Kegiatan id-foldingbike Camp 2011 ini merupakan pemanasan.

Senin, 14 Februari 2011, 15:35 Rimhalsyah
Dua bocah bermain sepeda kayu
Dua bocah bermain sepeda kayu (Antara/ Musyawir)

VIVAnews - Hidup sehat memang menjadi salah satu tujuan hidup semua insan manusia. Begitu juga hidup berkelompok juga menjadi suatu keharusan dalam menjalani semua aktivitas dan kesibukan manusia.

Kehidupan yang sehat dan berkelompok ini dapat dilakukan dengan berbagai cara dengan bantuan alat atau orang lain, antaranya dengan melakukan olahraga rekreasi seperti bersepeda.

Beberapa pemerintah daerah seperti DKI Jakarta, Surabaya, Jawa Timur, Bandung, Jawa Barat melakukan suatu kegiatan yang dinamakan Car Free Day, dimaksudkan agar jalan utama kota pada hari itu untuk polusi udara berkurang, dan masyarakat dapat memanfaatkan jalan itu untuk bermain, olahraga hingga bersepeda.

Kegiatan bersepeda ini akhirnya terbentuk salah satu komunitas sepeda lipat yang menamakan diri id-foldingbike yang terbentuk mulai Maret 2007.

Pada awalnya hanya beberapa orang berkumpul yang punya hobi bersepeda membuat grup milis untuk sarana komunikasi antar anggota. Seiring jalannya waktu tercatat anggota milist mencapai 2116 orang, dan awalnya postingan email di milis di bulan Maret 2007 sebanyak 36 email.

Tapi dengan banyaknya member ini, hingga Januari 2011 sebanyak 8.065, dan per tanggal 10 Februari 2011, sudah terposting sebanyak 3.023 email.

Selain milis sebagai sarana komunikasi, id-foldingbike juga melakukan pertemuan (kopi darat) dengan berbagai kegiatan seperti gowes bareng, lelang amal untuk diberikan ke panti asuhan, gowes nonton bareng, touring, dan lain lain.

Nah, pada 14 - 15 Februari 2011, id-foldingbike akan melaksanakan suatu kegiatan yang dinamakan id-foldingbike Camp di Bumbex - Masjid Raya Bani Umar Bintaro. Dimana di depan masjid, memang tersedia khusus track bersepeda.

Dalam kegiatan ini, selain Gowes Bareng juga digelar Camping (berkemah) yang diisi berbagai kegiatan yang tujuannya persahabatan, rekreasi, dan ajang saling kenal antar anggota yang biasanya kenal hanya di dunia maya melalui milis.

Berbagai acara akan digelar antara lain, bike clinic, gowes nowhere, bike workshop, pameran, showcase foldingbike antiq, lelang dan api unggun plus kemah.

Kegiatan id-foldingbike Camp 2011 ini merupakan pemanasan atau persiapan menuju Jambore id-foldingbike yang direncanakan akan diselenggarakan dalam rangka ulang tahun komunitas. Dimana kegiatan ini akan dihadiri seluruh member bukan hanya dari Jakarta tapi juga dari member yang tinggal di Bandung, Bogor, Yogyakarta, Surabaya dan kota-kota lainnya.

Dalam acara ini aneka bentuk dan merk dari pabrikan sepeda lipat akan hadir bersama pemiliknya, dan karakter serta gaya dari berbagai kelompok kecil (chapter wilayah), juga akan mewarnai acara ini. (adi)

• VIVAnews

© VIVA.co.id   |   Share :  
Rating
KOMENTAR
TENTANG U-REPORT
Semua isi materi baik berupa teks, foto dan video yang dimuat oleh U Report adalah tanggung jawab pengirim sepenuhnya. Redaksi berhak mengedit materi sepanjang tidak mengubah isi dan substansi.

Kami adalah portal berita, dan melalui kanal ini, ingin mengajak anda terlibat dalam proses penciptaan berita. Peristiwa terjadi setiap saat, dan karena itu pasti lebih banyak berita di sekitar kita dari apa yang terlihat di media, baik cetak maupun elektronik.

Anda boleh berbagi cerita yang tak biasanya kita baca atau tonton. Cerita yang kuat, menarik, penting, dan bersifat mendesak dari anda, sangat mungkin menjadi salah satu headline di VIVAnews.

Selamat berbagi cerita.