UREPORT

'Ikan Duyung' Gegerkan Kepulauan Selayar

Berbagai cerita mistik dan dongeng menyebar ke seantero kampung.

Selasa, 18 Januari 2011, 00:38 Fadly Syarif
Juma Ali dengan 'ikan duyung' temuannya
Juma Ali dengan 'ikan duyung' temuannya (Email Redaksi)

VIVAnews - Selasa pagi, 11 Januari 2011, warga Dusun Tongke-Tongke, Desa Lowa, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, mendadak gempar. Pasalnya, ditemukan seekor makhluk laut sejenis ikan yang diyakini warga setempat merupakan penjelmaan manusia dan hewan laut. Para nelayan di situ bahkan meyakini itu seekor 'ikan duyung'.

Belum jelas, apa sebetulnya makhluk aneh ini.

Hewan berkelamin betina ini ditemukan warga Dusun Tongke-Tongke bernama Juma Ali (40), terdampar di pesisir pantai Bala-Bala Desa Lowa. Sesaat sebelum ditemukan, makhluk laut yang disebut-sebut penduduk sejatinya seorang manusia asal Kota Kendari yang dikutuk sihir ini, nyaris tak dapat menyambung nafas.

Pasalnya, tubuh hewan laut tersebut telah ditempeli sejumlah gomi--sejenis lintah penghisap darah--sebesar telapak tangan orang dewasa. Beruntung, Juma Ali dapat menanggalkan lintah-lintah laut itu.

Setelah itu, Juma Ali mencoba mengembalikan hewan langka itu ke laut. Akan tetapi, 'ikan duyung' ini seperti selalu menolak meronta-ronta. Juma Ali lalu memutuskan untuk memeliharanya. Seutas tali diikatkannya di bagian ekor. Tujuannya: sebagai tolak bala, untuk menghindarkan Dusun Tongke-tongke dari hantaman badai dan gelombang pasang yang sedang mengamuk belakangan ini.

Semenjak menemukan hewan pemakan rumput laut itu, Juma Ali jadi sibuk bukan kepalang. Dia nyaris tidak lagi dapat melaksanakan aktivitas rutinnya.
Tiap hari, dia harus memenuhi permintaan warga setempat dan juga aparat dari instansi pemerintah setempat yang datang ke situ untuk sekadar menyaksikan dan mengabadikan foto ikan langka ini.

Payahnya, mereka yang ramai datang berkunjung, jarang yang mau menyisipkan rupiah ke kocek Juma Ali. Jadilah Juma Ali, yang kadang harus melawan dingin untuk meladeni permintaan penonton, gigit jari sembari memendam dongkol.

Memasuki hari keenam makhluk aneh itu ditemukan, berbagai cerita mistik dan dongeng makin menyebar ke seantero kampung. Ada yang bilang 'ikan duyung' itu seperti selalu malu-malu kucing jika didekati orang laki-laki. Yang lain lagi berkisah ia selalu menangis saat merasa terancam. Ada juga yang sampai bermimpi gawat: diancam makhluk itu bahwa bila tak segera dilepas ke laut bebas, maka Pulau Selayar dan sekitarnya segera akan musnah ditelan samudera. (kd)

Baca juga

Seberapa canggih sepatuh khusus Lionel Messi ini

Mengapa Fergusson marah besar?

Ruhut Sitompul diusir para kader dengan kasar, apa sebabnya?

Bawa lari sang pacar, Andhika Kangen Band Diperiksa Polisi

Kisah heroik 3 guru yang menahan aksi penembakan Sandy Hook

GUns and Roses gemparkan Jakarta sore ini

Inikah alasan Markus Horison ceraikan artis cantik Kiki Amalia?

Mengapa anak kutu buku ini tembak mati kawan-kawannya?

 

 


 

 

 

 

 

 

• VIVAnews

© VIVA.co.id   |   Share :  
Rating
KOMENTAR
kurosagas
11/06/2013
Hadeh... Kirain putri duyung yg dimitos ternyata ikan duyung biasa. *Di iklan FB nya gitu Masyarakatnya pada lebay, bila ikan itu tidak dilepas maka bakal musnah. Hoax
Balas   • Laporkan
bio.data.127
15/02/2013
yang buat beritanya terlalu lebay..ngak perlu kata warga yg aneh2 di ceritain juga kaliii..nanti karena 1 warga yg berbohong kita semua ikut di bohongin..
Balas   • Laporkan
aerith56
26/09/2012
primitif.. itu emang ikan duyung tp gk harus ada kata "tolak bala" : hadeuhh
Balas   • Laporkan
kelinci.meriang
26/09/2012
yang buat berita sama saja dengan yang komentar... jelas warga sana menyebutkan itu ikan duyung... biuh...
Balas   • Laporkan
dragonoidkaiju
28/07/2012
oalah gk perna liat dugong/manate ya??? dulu ikan aligator dibilang siluman,pdhl ikan aligator di pasar ikan dkt rumah berlimpah2,skrg malah ini tontonanx drama & sinetron mulu sih,jdi kaga tau binatang indonesiaaaa indonesia
Balas   • Laporkan
woelanbirink
28/07/2012
DONGENG..
Balas   • Laporkan
hokuto.sinken
26/07/2012
laaah itu emang ikan duyung nama lainnya manate, klo dari gambar itu duyung anak2, masih kecil, klo yg dewasa bisa 500kg beratnya, hadeeeeeh, Indonesiaaaaaaa
Balas   • Laporkan
dikidarma
26/07/2012
PEMBOHONGAN PUBLIK..... FOTONYA GA JELAS....
Balas   • Laporkan
care.keyindo
24/07/2012
hoax...foto2nya selalu samar dan gak pernah jelas kalo berita di viva :D:D:D
Balas   • Laporkan
gzheckajieb.telahkembali
17/08/2011
brp hargax itu ikan...
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
TIPS
TENTANG U-REPORT
Semua isi materi baik berupa teks, foto dan video yang dimuat oleh U Report adalah tanggung jawab pengirim sepenuhnya. Redaksi berhak mengedit materi sepanjang tidak mengubah isi dan substansi.

Kami adalah portal berita, dan melalui kanal ini, ingin mengajak anda terlibat dalam proses penciptaan berita. Peristiwa terjadi setiap saat, dan karena itu pasti lebih banyak berita di sekitar kita dari apa yang terlihat di media, baik cetak maupun elektronik.

Anda boleh berbagi cerita yang tak biasanya kita baca atau tonton. Cerita yang kuat, menarik, penting, dan bersifat mendesak dari anda, sangat mungkin menjadi salah satu headline di VIVAnews.

Selamat berbagi cerita.